Sumber Pencemaran Udara


Pencemaran udara atau yang biasanya disebut polusi udara, adalah istilah yang berasal dari gabungan dua kata, yaitu pencemaran dan udara. Berbicara tentang pentingnya kata pencemaran, kata mengacu pada arah campuran dari beberapa zat atau barang yang tidak boleh dicampur dan dapat mengakibatkan kondisi yang buruk. Sementara udara adalah salah satu dari unsur-unsur alam yang membutuhkan kehidupan yang baik pada manusia bumi, hewan dan tumbuhan.

Dari penjelasan di atas, dapat ditangkap bahwa pencemaran udara hanyalah sebuah situasi di mana udara dicampur dengan zat lain yang mengakibatkan kondisi yang buruk. Bahkan, polusi yang disebabkan oleh udara saja, udara bisa menjadi tidak layak untuk digunakan dan bisa membahayakan kehidupan penduduk bumi sendiri.
Hal ini terjadi karena tidak dapat dipungkiri jika udara adalah salah satu elemen penting bagi semua makhluk hidup agar bisa hidup. Tanpa udara, entah bagaimana kehidupan akan berlangsung di bumi. Dan kali ini, polusi udara sendiri sangat merajalela dan kekurangan udara bersih merupakan masalah yang sangat urgensi untuk saat ini.
Penyebab pencemaran udara itu sendiri sangat beragam. Dalam hal ini, itu bisa terjadi karena faktor alam, atau karena perbuatan manusia. Namun, ketika berbicara masalah mayoritas, tentu saja, yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Sementara dampak dari masalah ini tidak bisa kita sepelekan.
Berikut adalah 2 sumber pencemaran udara :
1. Alamiah
Polusi udara secara alamiah, tentu saja bukan otoritas manusia untuk mencegahnya. Hal ini terjadi secara alami dan ada banyak faktor yang dapat menyebabkan. Di antara faktor-faktor ini adalah adanya letusan gunung berapi, munculnya gas beracun pada permukaan bumi, yang disebabkan oleh tanaman tertentu, dan banyak lagi.

2. Manusia
Sumber alam terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari kedatangannya. Namun, ada juga sumber yang disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Dalam hal ini, pencemaran yang dilakukan manusia sudah sangat banyak dan telah menjadi kebiasaan yang dianggap normal. Di mana sumber di sini juga semakin sulit diatasi.
Berbicara tentang sumber alamiah polusi udara. Dalam hal ini, sumber dari mereka adalah kegiatan tersebut industri, kendaraan bermotor, asap rokok, dan banyak lainnya. Aktivitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan, dan bahkan sudah dianggap biasa manusia. Oleh karena itu, sangat sulit untuk menyelesaikan atau mencegahnya.