Jaga Bumi Kita, Dengan Mengetahui Efek Rumah kaca beserta Pengertiannya.


Bumi merupakan planet ketiga dari Matahari dengan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet pada Tata Surya. Bumi pun dapat diartikan sebagai plaet yang menjadi tempat tinggal untuk semua makhluk hidup di dalamnya. Namun, lantaran inilah bumi lama-kelamaan kehilangan kesegarannya sebab makhluk hidup yakni manusia terkadang melupakan untuk menjaga planet yang ia tinggali. Salah satu penyebab bumi kehilangan kesegarannya lantaran adanya Efek Rumah Kaca, Apa itu? berikut pengertiannya yang telah kami rangkum.

Pengertian Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca merupakan cahaya matahari yang menyentuh permukaan bumi akan berubah menjadi panas dan menghangatkan bumi. Sebagian panas sinar matahari(radiasi gelombang pendek) akan diserap oleh gas-gas di Atmosfer yang menyelimuti bumi. Gas ini disebut gas rumah kaca yang terdiri dari uang air, karbon dioksida, CO2 dan metana. Sehingga panas tersebut akan terperangkap di Atmosfer bumi.

Peristiwa ini juga menyebabkan bumi menjadi hangat dan layak ditempati semua makhluk hidup, sehingga tanpanya planet ini akan sangat dingin sehingga es akan menutupi seluruh permukaan bumi. Namun, apabila gas-gas ini semakin banyak di Atmosfer, akibatnya pemanasan bumi akan berkelebihan dan akan merusak bumi yang dampaknya akan dirasakan oleh semua makhluk hidup.

Pengertian Efek Rumah Kaca

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca disebabkan lantaran meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida atau CO2 dan gas-gas lainnya di lapisan Atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas-gas ini diakibatkan karena naiknya pembakaran bahan bakar minyak atau BBM, batu bara, dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya. Jadi, apabila hutan-hutan semakin gundul maka panas bumi akan semakin naik, lantaran energi yang diserap semakin mengecil dan energi pun dipantulkan dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi.

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Akibat Efek Rumah Kaca

Meningkatnya suhu pada permukaan Bumi akan menyebabkan adanya perubahan cuaca yang sangat ekstrem di Bumi. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem sehingga mengurangi kemampuan bumi untuk menyerap gas-gas yang berada di Atmosfer. Tak sampai disitu saja, hal ini juga mengakibatkan terjadinya pencairan es di daerah kutub yang dapat mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Dengan meningkatnya permukaan air laut secara besar-besaran dapat mempengaruhi negara atau suatu pulau Poker Online.

Akibat Efek Rumah Kaca

Hubungan Pemanasaran Global dengan Efek Rumah Kaca

Pemanasaran Global diakibatkan oleh meningkatnya gas-gas rumah kaca yang membuat efek rumah kaca yang berlebihan pada lapisan Atmosfer bumi diyakini merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan ekstrem di Bumi kita ini. Gas-gas ini pun dihasilan lewat proses alama Bumi atau juga merupakan hasil sampingan dari aktivitas manusia saat memenuhi kebutuhan hidup.

Hubungan Pemanasaran Global dengan Efek Rumah Kaca