Inilah Dampak-Dampak yang Terjadi Akibat Penebangan Hutan Secara Liar

Penebangan liar atau bahasa inggrisnya ‘illegal logging’ merupakan kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang dapat disebut sebagai bentuk ancaman faktual disekitar perbatasan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Penebangan hutan secara liar saat ini sedang banyak berlangsung di beberapa wilayah di indonesia, teristimewa di daerah kalimantan.

Sebab di daerah tersebut terdapat banyak sekali hutan-hutan dengan pohon yang rindang. Penebangan hutan secara liar merupakan hal yang tidak baik untuk lingkungan kita, sebab dapat membuat pohon-pohon di hutan menjadi gundul. Namun mengapa masih banyak saja masyarakat yang tidak peduli pada pohon-pohon di hutan, padahal mereka telah mengetahui apa saja dampak yang dapat terjadi apabila melakukan perbuatan tersebut. Hal ini dikarekan keserakahan dan ke-egoisan manusia, sebab manusia memiliki sifat yang hanya ingin untung atau egois.

Sebab dari penebangan hutan secara liar juga dapat terjadi karena, ekonomi masyarakat sekitar yang kurang dan akhirnya mencari nafkah dengan cara menebang pohon dan menjualnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Namun, karena sebab itulah masyarakat membuat hal ini menjadi ladang pencarian nafkah dan tidak tahu apa saja dampak yang akan terjadi akibat ulah mereka.

AgenBolaHebat.com

Adapun dampak-dampak yang terjadi akibat penebangan secara liar yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber yaitu:

– Hilangnya kesuburan tanah yang mengakibatkan tanah menyerap sinar matahari terlalu banyak sehingga menjadi sangat kering dan gersang. Hal tersebut juga membuat tanah kehilangan nutrisi akibat terjadinya penguapan. Oleh karena itu, apabila tanah sudah kehilangan nutrisi, maka reboisasi akan menjadi hal yang sulit dan budidaya di lahan tersebut menjadi tidak dapat dilakukan.

– Turunnya sumber daya air akibat dampak penebangan hutan secara liar. Hal ini terjadi sebab pohon sangat berkontribusi dalam menjaga siklus air melalui akar pohon penyerapan air dialirkan ke daun, kemudian terjadi penguapan yang selanjutnya di lepaskan ke lapisan atmosfer.

– Mengakibatkan banjir sebab hutan yang sudah ditebang tidak dapat lagi menyerap air dan menyimpan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *